Menikmati pantai indah mempesona ya ke Gunungkidul




Menikmati pantai indah mempesona ya ke Gunungkidul
Bentang alam Gunungkidul adalah pesona tiada dua. Mulai dataran tinggi vulkanis, derasnya sungai bawah tanah, kegelapan goa vertikal maupun horizontal, hingga eksotisnya deretan pantai pasir putih. Semua tersedia! Berpuluh tahun diselimuti kabut tentang misteri pulung gantung, tanah yang tandus, serta kekeringan yang kerap melanda, kini Gunungkidul mulai menampakkan diri. Memperlihatkan surganya yang selama ini tersembunyi. Si itik telah menjelma menjadi angsa yang cantik jelita. Ke Gunungkidul yuk, nikmati Tempat Piknik Gunungkidul.



destinesia wisata
Pantai Ngrenehan
Terletak di Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari, kurang lebih 30 km di sebelah selatan kota Wonosari. Pantai Ngrenehan berupa teluk yang dikelilingi hamparan perbukitan kapur dan memiliki panorama yang sangat memukau dengan deburan ombak menerpa pasir putih. Para wisatawan dapat menyaksikan aktivitas kegiatan nelayan dan menikmati ikan siap saji atau membawa ikan segar sebagai oleh-oleh.




destinesia wisata Menikmati pantai indah mempesona ya ke Gunungkidul
Pantai Ngobaran
Pantai Ngobaran terletak di gugusan laut pantai selatan, tepatnya di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul, sekitar 2 km dari pantai Ngrenehan. Pantai ini sangat indah. Jika air surut maka tampaklah kolam-kolam kecil yang terbentuk dari karang-karang yang tertutup oleh alga (rumput laut yang hijau sebagai bahan baku kosmetik) dan terdapat banyak biota laut lainnya yang mungkin terjebak di kolam karang tersebut.




destinesia wisata
Pantai Baron
Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Obyek wisata Pantai Baron merupakan pantai yang membentuk cekungan. Pantai Baron memiliki fasilitas berupa tempat pelelangan ikan, wahana permainan anak-anak, perahu bermesin, dan toko cinderamata. Buah sirkaya, pisang tanduk, sirsak, dan berbagai macam cinderamata yang terbuat dari kerang laut. Cinderamata berbahan kerang yang banyak dijual di Pantai Baron adalah bros, tirai kerang, lampu hias, cermin berhias karang, figura, dan aneka karakter hewan yang juga terbuat dari kerang laut.




destinesia wisata
destinesia wisata
Pantai Kukup
Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 1 km di sebelah Timur Pantai Baron. Pantainya landai berpasir putih dan terdapat jalan setapak yang membelah bukit sampai Pantai Baron, serta sebuah pulau karang yang dihubungkan dengan jembatan senggol. Dari atas Pulau karang kita dapat melihat hamparan pantai yang cukup luas dan sangat indah. Di pantai ini terdapat pendopo cottege dengan fasilitas yang memadai. Sama seperti di Pantai Baron, di setiap bulan Sura di pantai ini juga diadakan Sedekah Laut.



destinesia wisata
Pantai Sepanjang
Sesuai namanya pantai ini memanjang dengan hamparan pasir putihnya yang bersih disertai gulungan ombak yang cukup besar dan air lautnya yang berwarna biru jernih. Secara administratif Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari sekitar 1,5 km di sebelah timur Pantai Baron. Berkunjung ke pantai ini saat bulan baru akan jauh lebih indah, karena pada saat bulan baru laut dalam keadaan surut, sebaliknya saat bulan purnama air laut sedang pasang sehingga pesisir pantainya akan semakin sempit.



destinesia wisata
Pantai Drini  
Pantai Drini terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Letaknya di sebelah timur pantai Baron dan berjarak sekitar 1 km ke arah timur Pantai Sepanjang. Infrastruktur menuju ke Pantai Drini cukup mulus, walaupun jalan masuk untuk sampai ke pantai ini cukup terjal dan berkelok-kelok. Pantai Drini ini dikenal dengan nama Pantai Perawan, karena kondisi pantai drini yang masih bersih, udara yang sejuk, air yang terasa dingin ditambah dengan hamparan pasir putih yang mempesona dan aliran airnya yang tidak seganas Pantai Parangtritis.



destinesia wisata
Pantai Krakal
Pantai ini menerima panas matahari dari pagi hingga petang hari sepanjang tahun. Angin laut yang berhembus sangat sejuk dan ombaknya cukup besar. Pantai Krakal memiliki tekstur yang landai dan berpasir putih yang terhampar lebih dari 5 kilometer. Pantai ini dikembangkan menjadi kawasan pantai dan perkampungan wisatawan, khususnya wisatawan asing. Perjalanan menuju ke pantai ini melintasi bukit-bukit kapur yang diselingi dengan teras-teras batu karang. Pantai Krakal dapat dicapai melalui jalan sepanjang 6 kilometer dari kawasan pantai Kukup.



destinesia wisata
Pantai Sadranan
Pantai Sadranan terletak sekitar 0,5 km di sebelah timur Pantai Krakal. Jalan menuju pantai ini sama sekali belum diaspal. Jadi, untuk mencapai pantai ini, kita harus melewati jalan off-road, yang untungnya, tidak begitu jauh. Keistimewaan Pantai Sadranan adalah pasir putihnya yang lebih putih dan bersih dibanding pantai-pantai lain di sekitarnya. Mungkin karena pantai ini memang belum banyak dikunjungi orang.



destinesia wisata
Pantai Sundak
Sundak terletak di Desa Sidoharjo Kecamatan Tepus. Berada di jajaran pantai selatan berderet dengan pantai Kukup, Krakal, Drini, Sepanjang dan Pantai Baron. Lembaran pasir putih yang terhampar di sepanjang bibir pantai memberikan kenyamanan mata yang memandang. Semilir angin membelai dedaunan melambai di ujung dahan-dahan yang tumbuh mengitari pantai menyejukkan hati para pencari kedamaian.



destinesia wisata
Pantai Indrayanti  
Pantai Indrayanti terletak di kawasan pantai Sundak kecamatan Tepus kabupaten Gunungkidul. Pantai berpasir putih yang menghampar dari Timur hingga Barat ini terbilang baru dan cukup indah. Selain indah, kawasan pantai ini cukup bersih, karena pengelola pantai ini mengenakan denda pada setiap pengunjungnya apabila ketahuan membuang sampah sembarangan. Pengelola pantai menyediakan beberapa buah jetsky yang bisa disewa para pengunjung pantai untuk menikmati keindahan pantai dari sisi lain, selain kenikmatan berjetsky ria tentunya. 



destinesia wisata
Pantai Pok Tunggal
Sebuah pantai yang masih tergolong baru di Gunung Kidul. Pantai Pok Tunggal terjepit di antara eksotisme pantai Pulangsawal dan pantai Siung. Sekitar 2 KM dari pantai Pulangsawal atau yang lebih dikenal di masyarakat sebagai pantai Indrayanti, kita akan menjumpai sebuah papan petunjuk: Poktunggal 1 KM. Di sekitar tempat itu ada beberapa pemuda yang menjaga dan menyediakan kotak dana sukarela. Karena tergolong pantai baru, akses jalan masih susah. kita harus berhati-hati menyusuri jalan berbatu. Pada musim hujan seperti ini, jalan menjadi lebih licin.



destinesia wisata
Pantai Jogan
Pantai Jogan di Tepus, Wonosari, Gunung Kidul. Pantai ini letaknya yang tersembunyi di antara Pantai Siung dan Indrayanti, Pantai Jogan juga minim fasilitas layaknya tempat wisata. Disana tak ada tempat parkir dan akses jalan yang mudah dilalui mobil. Pantai Jogan tak memiliki garis pantai sepanjang pantai lainnya. Anda juga tak bisa bermain pasir karena pada bagian bawah pantai ini langsung berbatasan dengan laut. Satu-satunya hiburan di pantai ini berupa air terjun yang langsung mengarah ke laut. Sayangnya, jika musim kemarau panjang datang, air itu juga menghilang.



destinesia wisataPantai Siung
Pantai Siung terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, memiliki lokasi wisata petualangan panjat tebing dengan 250 jalur berstandar internasional. Di sepanjang perjalanan menuju lokasi pantai yang berkelok-kelok dan menaik, merupakan tantangan yang harus Anda lewati sebelum mencapai Pantai Siung. Akan tetapi, perjalanan yang melelahkan akan terbayar ketika Anda sudah berada di kawasan Pantai Siung. Pantai dengan hamparan pasir putih dan suara deburan ombak, akan membuat suasana hati dan pikiran Anda tenang dan damai.



destinesia wisata
Pantai Wedi Ombo
Wedi Ombo berada di sisi pantai tertimur di Gunungkidul sebelum pantai Sadeng. Pada sisi pantai terdapat sebuah teluk yang berhubungan langsung dengan laut dalam dengan hempasan ombak yang besar. Butuh ekstra kehati-hatian dan waktu tertentu untuk ke teluk ini. Lantaran bisa jadi memang anda bisa terjebak di antara tingginya gelombang yang tidak memungkinkan anda kembali sebelum air kembali surut. Biasanya penduduk di sana akan memberitahu bila air laut akan pasang. Wedi ombo ini dikelilingi pegunungan kars yang membuat seolah pantai ini berada pada cekungan bukit.



destinesia wisata
Pantai Jungwok
Pantai Jungwok tergolong pantai baru yang terletak di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini berdekatan dengan pantai Wediombo, sekitar 1 KM dari Wediombo. Keindahan ini dilihat dari kebersihan pantai, kealamian pantai dan batu karang yang menghiasi pantai. Jalan menuju pantai Jungwok juga masih terlihat alami, maksudnya belum diaspal. Jalan yang masih alami itu sekitar 1 KM. Tidak disarankan untuk melewati jalan tersebut pada saat hujan karena mungkin akan menghambat kendaraan yang ditumpangi, kecuali jalan kaki.



destinesia wisata
Pantai Sadeng
Pelabuhan kecil yang berada kurang lebih 46 kilometer dari kota kabupaten Wonosari ini sangat terkenal dengan berbagai macam ikan tangkapan nelayan. Pemandangan aktifitas para nelayan dengan berbagai kegiatan adalah salah satu hal yang menarik di mana kita akan belajar banyak hal tentang bagaimana susah payahnya mereka memburu ikan dan mengarungi ganasnya ombak laut selatan demi kehidupan yang bisa diperoleh dari hasil menagkap ikan.



destinesia wisata
Pantai Timang
Terletak di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Untuk mencapai pantai ini pengunjung akan sedikit mengalami kesulitan karena kurang terdapat papan penunjuk yang memadai. Jarak pantai Timang dari kota Wonosari sekitar 35 km. Dari arah Wonosari pengunjung akan melalui jalan arah ke Pantai Baron. Dari pertigaan Mulo pengunjung berbelok ke arah Pantai Siung hingga menjumpai Pasar Dakbong. Setelah melewati pasar tersebut jalanan mulai berganti dari aspal menjadi jalan tanah berbatu layaknya jalan untuk kompetisi off-road. Penggunaan motor untuk segala medan akan lebih memudahkan perjalanan. Pantai ini diapit oleh pantai-pantai sepanjang pesisir daerah Tepus. Di sebelah barat pantai ini terdapat pantai-pantai yang sejajar dengan Timang diantaranya Pantai Seruni, Pantai Pok Tunggal, dan Pantai Ngetun. Di sebelah timur pantai ini terdapat Pantai Jogan, Pantai Siung, dan Pantai Nglambor. /*





0 Response to "Menikmati pantai indah mempesona ya ke Gunungkidul "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel