Belajar membatik kayu di Desa Wisata Bobung Gunungkidul



destinesia wisata
Gapura ke Sentra Industri Kerajinan Kayu di Desa Bobung Gunungkidul

Anda tahu desa Bobung Gunungkidul? Inilah desa wisata yang terletak di Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Letaknya sekitar 10 km menuju arah barat Kota Wonosari atau sekitar 30 km menuju arah timur Kota Yogyakarta. Daerah ini dikenal sebagai sentra kerajinan batik kayu di Yogyakarta.



Bentuk topeng yang dibuat di Bobung sangat  khas karena mirip dengan penggambaran tokoh wayang purwa yang matanya tertarik ke atas dengan hidung lancip. Dari tahun ke tahun akhirnya daerah ini berkembang sebagai sentra kerajinan batik kayu. Bukan hanya topeng yang diproduksi, tetapi berbagai bentuk kerajinan lain. Hingga pada akhirnya, saat ini warga yang semula menjadi petani, sejak pertengahan 1980-an masyarakat mulai bergeser menjadi perajin. Kerajinan batik kayu dari Bobung sudah menembus dunia.

visit joglosemar
Proses pembuatan topeng
Fasilitas yang dimiliki oleh Desa Wisata Bobung ini juga relatif lengkap. Fasilitas yang ada diantaranya adalah tempat parkir yang luas dan kamar mandi umum. Wisatawan juga dapat menyaksikan langsung proses pembuatan topeng-topeng kayu di bengkel kerja para pengerajin. Lokasi tersebut juga dilengkapi dengan ruang gallery dimana kita bisa melihat produk-produk hasil kerajinan tangan para pengerajin. Tersedia juga home visit yang diperuntukan bagi wisatawan yang ingin belajar membuat topeng kayu. 
Akses menuju lokasi Desa Wisata bobung ini sangatlah mudah. Karena lokasi berdekatan dengan jalan utama Jogja-Wonosari, maka kondisi jalan telah halus diaspal serta sering dilewati kendaraan umum. Wisatawan dapat memanfaatkan kendaraan umum tersebut maupun menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. 

visit joglosemar
Suasana desa Bobung yang masih sepi. Tampak seorang warga yang sedang pulang dari kebun.

Udara segar dengan lereng perbukitan menghiasi desa ini. Suasananya yang masih asri dan tenang akan membuat Anda betah berlama-lama di sana. Jika ingin lebih lama, ada beberapa homestay di Desa Wisata Bobung. Desa ini juga punya pertunjukan Tari Topeng lho. Anda boleh ikut kalo mau. /*

visit joglosemar
Hasil kerajinan di Desa Bobung siap dipasarkan.
visi joglosemar
Patung hasil perajin Desa Bobung, seperti raja-raja tempo doeloe.
 
visit joglosemar
Turis aja suka... "Ayo ndoro, plis-plis, monggo dipilih"

 
visit joglosemar
Ini mah bukan topeng, tapi penari kesenian daerah yang siap menyambut tamu.

0 Response to "Belajar membatik kayu di Desa Wisata Bobung Gunungkidul "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel