Flora dan Fauna langka di Taman Nasional Kayan Mentarang, Bulungan, Kaltim



destinesia wisata
Taman nasional seluas 1.360.500 hektar ini berada di Bulungan, Kalimantan Timur. Di hutan ini, Anda bisa melihat berbagai flora dan fauna langka, seperti pulai, jelutung. agathis, ramin, kayu ulin, gaharu, rengas, aren, anggrek, kantong semar, dan palem hutan. Menariknya, masih ada tumbuhan yang dianggap baru dan belum teridentifikasi di Indonesia.







destinesia wisata
Anda juga dapat melihat 100 jenis spesies mamalia yang 15 diantaranya adalah endemik, 8 jenis primata, dan 310 jenis burung, dimana 28 diantaranya merupakan endemik Kalimantan yang sudah terdaftar untuk perlindungan burung. Beberapa hewan yang terancam punah yang dapat ditemukan di sini adalah beruang madu, macan dahan, lutung dahi putih, dan banteng.






destinesia wisata
Hutan ini juga menjadi tempat tinggal bagi sekitar 25 ribu orang suku Dayak, yakni Dayak Punan, Kenyah, Lun Bawang, dan Lun Daye. Mereka tinggal di sekitar hutan ini. Mereka hidup berdampingan dengan alam dan penuh kesederhanaan. Anda bisa berkeliling di sekitar taman nasional dengan menyusuri sungai menggunakan perahu panjang atau berjalan kaki. Anda juga bisa berenang atau menjelajah laut. Tempatnya di Bukit Lubang Tedong dan Pantai Pulau Datok.  


destinesia wisata
Untuk melihat flora dan fauna, berkemah, dan melihat air terjun, Anda bisa pergi ke Gunung Panti dan Panti Pegunungan Gunung Palung. Cabang Panti merupakan pusat penelitian alam. Tempat ini menawarkan fasilitas berupa pondok, perpustakaan, dan stasiun penelitian. Di sini, Anda dapat melihat owa, orangutan, dan monyet daun. Jika ingin melihat monyet belalai, Anda bisa ke Kampung Baru. Sungai Simpang dan Matan adalah tempat yang cocok untuk melihat situs arkeologi atau menyusuri derasnya arus sungai menggunakan perahu panjang.

Untuk mencapai Taman Nasional Kayan Mentarang, Anda bisa naik pesawat dari Samarinda menuju Long Ampung dan Tarakan dengan rute Long Bawang. Perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam. Atau Anda bisa naik kapal dari Tarakan menuju Tanjung Selor dengan rute Long Pujungan. Melewati sungai Mentarang menggunakan perahu dapat memakan waktu sekitar 6 jam. Sedangkan perahu motor yang lebih kecil memerlukan waktu 1 hari untuk tiba di sana. Untuk mengakses bagian selatan dari taman ini, Anda bisa terbang dari Malinau atau Samarinda ke Long Ampung. Dari Long Ampung selanjutnya menuju ke Data Dian dengan perahu. /**

0 Response to "Flora dan Fauna langka di Taman Nasional Kayan Mentarang, Bulungan, Kaltim "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel