Semarang, banyak juga tempat wisatanya


destinesia wisata
Simpang Lima, Land Mark Kota Semarang

Semarang bukan kota tujuan wisata seperti halnya Yogyakarta, atau Solo. Tetapi Semarang juga menyajikan beragam objek wisata yang menawan. Berikut beberapa tempat wisata di Semarang yang kami susun secara alfabetis, yang tentu saja kami rekomendasikan untuk anda kunjungi. Semoga anda bisa menikmatinya.



destinesia wisata
1).  Bukit Gombel
Orang luar Semarang mungkin belum familiar dengan Taman Tabanas. Ya, itulah Bukit Gombel. Tempat ini akan memberi kesempatan pada anda menikmati view Semarang. Pada malam hari anda bisa menikmati pemandangan kota Semarang yang gemerlap, dari Jatingaleh sampai Tanjung Emas. Lampu jalanan terlihat mengular, lampu kendaraan berjalan pelan seperti menyemut. Karena terletak di kawasan atas, Taman Tabanas Gombel terasa lebih sejuk. 



goa kreo 2).  Goa Kreo
Anda kenal Sunan Kalijaga? Syukurlah kalau kenal. Kalau saya tahu namanya hanya dari buku-buku sejarah. Nah, Goa Kreo ini dipercaya sebagai petilasan Sunan Kalijaga saat mencari kayu jati untuk membangun Mesjid Agung Demak . Ketika itu menurut legenda Sunan Kalijaga bertemu dengan sekawanan kera yang kemudian disuruh menjaga kayu jati tersebut. Kata “Kreo” berasal dari kata Mangreho yang berarti peliharalah atau jagalah. Kata inilah yang kemudian menjadikan goa ini disebut Goa Kreo dan sejak itu kawanan kera yang menghuni kawasan ini dianggap sebagai penunggu.


hutan tinjomoyo semarang3).  Hutan Tinjomoyo
Hutan seluas 57,5 hektar ini terletak di Kelurahan Tinjomoyo, Semarang. Lebih dari 200 jenis pohon tumbuh subur dan terpelihara di sana. Hutan Tinjomoyo memiliki keanekaragaman pepohonan, seperti mahoni, jati, akasia, asem londo, ketepeng, mangga, kelengkeng, matoa, nangka, dan masih banyak lainnya. Hutan ini dulu menjadi destinasi wisata andalan, sekarang fungsinya lebih sebagai paru-paru kota dan daerah resapan air.


4).  Jajan di Jalan Pahlawan
Mencari kuliner di Semarang pada malam hari, Jalan Pahlawan Semarang adalah tempatnya. Jalan ini salah satu jalan terbesar di Semarang yang menjadi penghubung menuju Simpang Lima. Pada malam hari, jalan ini berubah menjadi jujugan wisata Semarang baru, terutama di akhir pekan. Sejak awal 2011, Pemkot Semarang mulai menata jalan ini. Trotoar sepanjang lebih dari 500 meter ditata ulang menjadi lebih lapang. Fasilitas tempat sampah pun ditambah. 

kuliner jalan pahlawan semarang

bonbin mangkang semarang
5).  Kebun Binatang Mangkang
Di perbatasan Semarang-Kendal. Di sanalah kebun binatang ini dibuka sejak Februari 2007 untuk menggantikan kebun binatang Tinjomoyo Semarang yang dianggap sudah tak representative lagi. Akses ke lokasi ini lebih mudah dicapai karena letaknya yang di pinggir jalan besar. Kebun Binatang ini sekarang memiliki sekitar 150 ekor hewan yang terdiri dari 40 jenis spesies. Ada Ular, Rusa, Gajah, Orangutan, Harimau.

klenteng sam po kong semarang6). Klenteng Sam Po Kong
Klenteng yang terletak di Gedung Batu ini selain menyuguhkan kisah legendaris Laksamana Cheng Ho, juga menyajikan keindahan arsitektur Tiong Hoa yang khas. Sejak pertangahan Juli 2010, Klenteng ini dilengkapi dengan patung Laksamana Cheng Ho setinggi 10 meter. Patung yang didatangkan langsung dari China ini ditaksir sebagai yang tertinggi di Asia Tenggara. Anda layak ke sana.


komplek pecinan semarang7).  Komplek Pecinan
Komplepks Pecinan ini menyajikan pemandangan dan suasana khas Tiong Hoa di tengah kota Semarang. Orang lebih kenal dengan sebutan Gang Baru. Di sana kita juga bisa jumpai beragam klenteng. Ada 11 klenteng besar di Semarang, 10 di antaranya terdapat di kawasan pecinan, yaitu Klenteng Siu Hok Bio, Hoo Hok Bio, Kong Tik Soe, Tay Kak Sie, Tong Pek Bio, Liong Hok Bio, Tek Hay Bio, Wie Wie Kiong, See Hoo Kong, dan Klenteng Grajen. Sedang Klenteng Sam Poo Kong berada di Gedung Batu. Masing-masing klenteng itu mempunyai nilai historis tersendiri.  


8).  Kota Lama
Anda masih ingat film “Gie” yang berisi adegan tentang demo mahasiswa untuk membubarkan PKI? Nah, adegan itu dilakukan di Kota Lama Semarang ini. Kota Lama Semarang memang menyimpan pesona historis yang luar biasa. Ratusan bangunan kuno masih berdiri. Sebagian, seperti Gereja Blenduk dan gedung Jiwa Sraya, masih terawat, sedangkan lainnya lapuk bahkan ambrol. Stasiun Kereta Api Tawang, Gereja Gedangan, Nilmij, Taman Sri Gunting, Marba, Marabunta dan De Spiegel memperlihatkan gaya arsitektur Eropa abada XVII. Sebuah embung yang dikenal penduduk setempat Polder Tawang menunjukkan konsep kota pesisir yang tertata.  

kota lama semarang

lawang sewu semarang
9).  Lawang Sewu
Dahulu kala, Lawang Sewu merupakan gedung megah bergaya art deco, yang digunakan Belanda sebagai kantor trem, pusat kereta api, atau lebih dikenal dengan Nederlandsch Indische Spoorweg Maschaappij (NIS). Bangunan karya Arsitek Belanda Prof. Jacob F. Klinkhamer dan B.J Queendag menurut catatan sejarah dibangun tahun 1903, kemudian diresmikan pada tanggal 1 juli 1907.   


masjid menara layur semarang
10). Masjid Menara (Layur)
Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Menara Semarang ini juga mewartakan sejarah dan cara manusia memperlakukan manusia. Maka, melalui tanda-tanda semiotis yang melekat padanya, masjid ini mengisahkan perjalanan manusia dan pemikirannya. Dilihat dari gaya arsitekturnya, Masjid Menara merupakan percampuran dari tiga budaya yakni, Jawa, Melayu, dan Arab. Sejak dibangun pada 1802, bangunan Masjid Menara Layur tidak mengalami banyak perubahan. 


11). Masjid Agung Jawa Tengah
Inilah masjid kebanggan kita, khususnya umat Islam di Semarang. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang berdiri di atas lahan 10 hektare yang terletak di Jalan Gajah Raya Semarang, Jawa Tengah, yang diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 11 November 2006. 

masjid agung jawa tengah

museum ronggowasito
12). Museum Ronggowarsito
Museum ini menyuguhkan koleksi sejarah, alam, arkeologi, kebudayaan, era pembangunan, dan wawasan nusantara. Museum Ronggowarsito mempunyai dua misi, yaitu “Meningkatkan apresiasi budaya dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap budaya”. Museum ini terletak di Jalan Abdulrahman Saleh Nomor 1 Semarang, persis di samping Bundaran Kalibanteng.

13). Museum Mandala Bakti
Museum Mandala Bhakti mengoleksi benda-benda bersejarah yang ada kaitannya dengan riwayat Kodam Diponengoro (Jawa Tengah & Daerah Istimewa Yogyakarta). Museum ini terletak di Jalan Soegijapranto nomor 1, persis berseberangan dengan Tugu Muda.



14). Pagoda dan Vihara Watugong
Bangunan ini terdiri atas tujuh tingkat. Tiap tingkat memiliki 4 buah patung Dewi Kwan Im yang menghadap keempat penjuru. Pembangunanya dilatarbelakangi oleh kebutuhan umat Budha akan tempat ibadah yang lebih layak dan nyaman. Di tempat ini sebelumnya hanya ada vihara kecil yang sudah berdiri sejak 1957. Tahun 2005 Pagoda Avalokitesvara dibangun dengan barang-barang dan patung dari Cina. 

15).  Pantai Marina
Di pantai ini anda bisa menikmati semilir angin dan deburan ombak khas pantai utara. Untuk menuju ke sana, dari kawasan Simpang Lima lurus ke arah barat sampai bertemu gapura  kawasan Pekan Raya Promosi dan Pembangunan (PRPP) Provinsi Jawa Tengah. Kemudian, belok kanan masuk melewati gapura PRPP dan lurus terus ke arah utara, sampai di kawasan PRPP belok kanan, dan kemudian belok kiri lurus terus sampai di pintu masuk obyek wisata Pantai Marina. Nah, di sini!   


16). Pasar Rakyat Simpang Lima
Simpang Lima adalah salah satu land mark kota Semarang.  Alun-alun yang terletak di jantung kota ini disebut Simpang Lima karena berada di tengah-tengah 5 persimpangan: Jl Pandanaran, Jl Gajah Mada, Jalan Ahmad Yani, Jalan Ahmad Dahlan, dan Jalan Pahlawan. Alun-alun yang dimiliki Semarang sejak masa pemerintahan Adipati Semarang yang pertama itu telah berubah fungsi menjadi pusat perbelanjaan. 



17). Tugu Muda
Kawasan ini dulunya hanya berupa bundaran biasa. Tapi sejak dipugar tahun 2008, Tugu Muda jadi tempat bermain yang amat menyenangkan. Bukan hanya karena taman di sekitarnya kini tampak rapi, semburan air mancur membuat tempat ini amat romantis di malam hari. Apalagi, Tugu Muda kini juga diterangi lampu besar di empat titik yang mengelilinginya.

 




18). Water Blaset Bukit Candi Golf
Ini adalah wahana permainan air pertama di Semarang. Wahana permainan yang lengkap membuat objek wisata ini langsung menjadi andalan rekreasi keluarga warga Semarang. Setidaknya ada delapan unit wahana air yang ada di water blaster Semarang ini. Semua itu dilengkapi sarana penunjang yang aman, termasuk ruang pertemuan berbentuk kapal pesiar yang bisa digunakan untuk rapat hingga kapasitas 150 orang. 


19). Wonderia
Wonderia merupakan arena rekreasi keluarga Semarang. Dalam pengelolaan PT Semarang Arsana Rekreasi Trusta, Taman Rekreasi Wonderia ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Dr H Susilo Bambang Yudhoyono pada 9 Agustus 2007. //**


0 Response to "Semarang, banyak juga tempat wisatanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel