Keripik Kelakai, Cemilan Unik Berkhasiat Khas Suku Dayak

destinesia belanja
Kelakai adalah pakis khas Kalimantan yang tumbuh di hutan rawa-rawa. Tanaman ini biasa dijadikan sayur yang dimasak dengan ditumis. Kelakai yang mempunyai nama latin stenochlaena palustris dikenal mempunyai berbagai khasiat, seperti mampu meredakan diare, menambah darah, dan bahkan banyak orang suku Dayak yang meyakini bahwa mengkonsumsi kelakai bisa menjadikan tubuh awet muda.

Masyarakat Kapuas Kalimantan Tengah mengenal beberapa cara dalam mengolah kelakai menjadi kuliner yang lezat, salah satunya dengan dibuat keripik. Keripik kelakai memanfaatkan daun kelakai yang masih muda. Cara membuatnya pun sangat mudah, daun kelakai muda yang sudah dibersihkan dimasukkan ke dalam adonan tepung bumbu dengan kekentalan tertentu, lalu digoreng di atas minyak yang penuh dan panas. Setelah digoreng dan kering, keripik kelakai pun siap untuk disantap. Perpaduan renyah dan gurih keripik kelakai terasa lezat di mulut.

Keripik kelakai merupakan cemilan khas Dayak. Keripik ini banyak ditemukan dan menjadi salah satu oleh-oleh dari Kabupaten Kapuas. Dibanderol dengan harga yang murah meriah, keripik kelakai bisa dijadikan teman yang asyik disaat santai bersama keluarga dan teman tercinta. /* 

0 Response to "Keripik Kelakai, Cemilan Unik Berkhasiat Khas Suku Dayak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel