Museum Layang-layang Jakarta, Tempat Asah Kreatifitas Anak


destinesia wisata, destinasi wisata indonesia
Layang-layang merupakan bagian dari permainan masa kecil yang tidak hanya berfungsi sebagai permainan belaka, tapi bisa dilibatkan dalam sebuah ritual tertentu. 

Berbagai bangsa di dunia dapat dipastikan mengenal permainan layang-layang. 

Fenomena inilah yang mendorong para pecinta layang-layang untuk mendirikan museum layang-layang. 

Di dalam museum tersebut, para pecinta layang-layang akan mengumpulkan berbagai jenis layang-layang dari mancanegara dan menjaga koleksi tersebut agar bisa dinikmati keindahannya dan dipelajari teknologinya. 


destinesia wisata, destinasi wisata indonesia
Museum Layang-Layang Indonesia didirikan oleh seorang pakar kecantikan yang menekuni dunia layang-layang sejak tahun 1985 dengan membentuk Merindo Kites & Gallery yang bergerak di bidang layang-layang yang bernama Endang W. Puspoyo. 
Kecintaannya pada layang-layang membuat ia tergerak untuk mendirikan Museum Layang-Layang Indonesia. 
Kiprahnya dalam mendirikan Museum Layang-Layang Indonesia membuat museum ini mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk pemecahan rekor pemrakarsa dan penyelenggara pembuatan layang-layang berbentuk diamond terbesar pada 2011 serta penghargaan kepariwisataan Indonesia pada 2004, yang diberikan oleh I Gede Ardika selaku Menteri Kebudayaan dan Pariwisata saat itu.
Meski tampaknya sepele, museum layang-layang Indonesia ini sangat menarik. 
Anda bisa menyaksikan sekitar 500 kertas tipis yang dibentuk menarik. 
Tidak hanya kerangka biasa, di sini juga banyak layang-layang tiga dimensi yang menggelitik, bentuk kumbang, ikan, bulu-bulu, kain, anyaman, dan yang lainnya. 
Terdapat juga layang-layang tradisional, kreasi, dan olahraga. 

destinesia wisata, destinasi wisata indonesiaMuseum ini merupakan museum layang-layang ketiga di dunia setelah China dan Malaysia. 
Nah, Anda warga Jakarta termasuk beruntung bisa mengunjungi museum ini setiap saat. Di sini, si kecil juga bisa belajar membuat layang-layang. Anda pasti juga tertarik bukan?
Museum Layang-Layang ini terletak di Jl. H. Kamang No. 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan. 
Museum ini merupakan museum layang-layang pertama di Indonesia. 
Jumlah koleksi layang-layang di museum ini berjumlah 600, namun jumlah tersebut terus bertambah seiring datangnya koleksi-koleksi baru dari para pelayang daerah dan luar negeri maupun layang-layang yang dibuat sendiri oleh karyawan museum. Museum Layang-Layang buka setiap hari mulai pukul 09.00-16.00 WIB. Hari libur nasional Museum Layang-layang tutup. /**

0 Response to "Museum Layang-layang Jakarta, Tempat Asah Kreatifitas Anak "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel