Aneka Flora dan Fauna di Wisata Alam Bukit Bangkirai


flora fauna bukit bangkirai balikpapan kaltimKeanekaragaman flora: pohon bangkiray, koleksi anggrek (anggrek hitam, anggrek tebu, anggrek mata, anggrek bintang, anggrek berpijar, dan lain-lain). Kebun buah-buahan hutan, seperti buah manggis, buah mentega, buah lai, buah rambai Palembang, ramania dan buah kalangkala. Keanekaragaman fauna: Burung-burung (terdapat 113 jenis burung, antara lain punai, kirik-Kirik biru, kacep, murai batu, sepah, dan lain-lain), owa-owa, beruk, lutung merah, monyet ekor panjang, babi hutan dan bajing terbang. Serta pengakaran rusa sambar.


jalur ke bukit bangkirai balikpapan kaltim
Wisata Alam Bukit Bangkirai terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Dari arah Kota Balikpapan perjalanan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam dengan jarak 60 km saja. Dari Kota Tenggarong dapat sekitar 150 km, dan 20 km dari ibukota Kecamatan Samboja. Suasana hutan tropis yang masih alami menjadi sajian utama bukit ini. Apabila beruntung, Anda bisa mendengar kicauan burung-burung yang terbang ke sana ke mari. Ada pula beberapa satwa hutan asli yang terkadang menunjukkan batang hidungnya.

Flora di Bukit Bangkirai terbilang cukup ramai dan lengkap. Sebut saja, hutan ini didonminasi oleh pohon jenis bangkirai yang tumbuh di kawasan hutan lindung. Pohon ini menjadi maskot utama tempat tersebut sebagai salah satu obyek wisata dunia. Selain itu, ribuan jenis pohon lainnya berselang-seling di antara pohon bangkirai membentuk perpaduan sempurna ciptaan tangan sang kuasa.

pohon tua berusia 150 tahun di bukit bangkirai kaltim
Yang lebih menarik adalah fakta bahwa beberapa pohon sudah memiliki umur mencapai 150 tahun dengan ketinggian lebih dari 40 sampai 50 meter. Bahkan ada pohon yang memiliki diameter lebih dari 3 meter. Karena terletak di daerah dataran rendah, tidak mengherankan apabila bukit ini sering mendapatkan invasi dari fauna seperti owa-owa, monyet ekor panjang, lutung merah, dan juga rusa sambar. /**


0 Response to "Aneka Flora dan Fauna di Wisata Alam Bukit Bangkirai "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel